3 RANPERDA Disetujui Menjadi PERDA

Singkepkini.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kebupaten Lingga mengesahkan 3 Ranperda menjadi Perda, ketiga ranperda yang diperdakan tersebut diantaranya adalah Perda Pengendalian dan Pengawasan Menara Telekomunikasi yang merupakan perubahan perda No 7 tahun 2015, dan perda tentang Pajak Daearah serta perda tentang pokok pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, pengesahan perda tersebut di gelar dalam rapat paripurna DPRD Lingga pada (10/4/2017).

Adapun yang menjadi dasar hukum Perda Pengendalian dan Pengawasan Menara Telekomunikasi yang merupakan perubahan perda No 7 tahun 2015 berdasarkan Putusan MK no 46/PUU-XII/2014 surat dirjen pertimbangan keuangan Kementerian Keuangan RI, Bahasan terdiri dari besaran retribusi, tingkat pengguna berdasarkan zonasi, penyelenggaraan termasuk izin dan Pengawasan serta pengendalian

Sementara Perda tentang Pajak Daerah merupakan Perubahan atas perda no 2 tahun 2011 tentang pajak daerah Catatan-catatan penting Tim Pansus : Kolector dlm melakukan pembayaran harap kedepan dilakukan dengan sistem aplikasi, Sumber pajak lainnya dari Usahan Kecil Menengah dalam rangka mendongkrak PAD, Pengusaha yg tidak membayar kedepan diperbaiki dan diberikan sanksi, Perluasan Objek Pajak yang belum dijangkau saat ini.

Serta Ranperda tentang pokok pokok pengelolaan keuangan daerah merupakan Perubahan atas peraturan daerah no 5 tahun 2010. Berdasarkan PP no 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah maka pokok pokok perlu dilakukan penyesuaian dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini.

Sesuai peraturan daerah tentang pokok pokok pengelolaan keuangan daerah perlu menjabarkan aturan pokok sesuai peraturan perundang-undangan kedalam asas-asas umum didalam pengelolaan keuangan daerah antara lain : akuntabilitas, berorientasi pada hasil, profesionalitas, keterbukaan dalam pengelolaan keuangan Daerah serta pemeriksaan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah oleh badan pemeriksa keuangan yang mandiri.

Terakhir Wakil Bupati Lingga didalam Pendapat akhirnya menyampaikam apresiasi kepada DPRD Kabupaten Lingga atas proses dari penyusunan hingga disahkannya ketiga Perda. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa produk hukum akan menjadi dasar hukum Pemkab Lingga dalam menyelenggarakan pemerintah. Bagian hukum diharapkan dapat mengundang OPD teknis dan yang berkaitan dgn implementasi perda-perda ini untuk mensosialisasikan. (HUMPRODOK SETWAN LINGGA)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply