Dinsos Lingga Catat 38 Kasus Anak Terjadi Semasa 2020 Lalu

Lingga – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga, mencatat pada tahun 2020 lalu, sedikit ada 38 pelanggaran Kasus anak yang terjadi di wilayah Kabupaten Lingga, sedangkan pada tahun 2021 ini, terhitung januari hingga februari ini sudah ada 10 kasus anak yang terjadi di lingga, baik kasus pelecehan seksual maupun kekerasan, dan lainnya.

Mengantisipasi tingginya kasus yang terjadi terhadap anak ini, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga, bekerja sama dengan KPPAD Lingga melakukan Focus Group Discussion ( FGD) berlangsung di Sanggar Praja kecamatan Singkep, pada kamis (25/2/2021)

untuk mengambil langkah langkah penekanan sekaligus memberdayakan kembali tiga Lembaga kemitraan nya, untuk memfasilitasi masyarakat dalam hal pengaduan terkait dengan kasus kasus anak.

Adapun ketiga lembaga tersebut yakni 1. Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah ( KPPAD), berikut fungsinya, melakukan pengawasan, Pemantauan, Menerima Pengaduan, memberikan masukan, dan membuat laporan/rekomendasi.

2. Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak P2P2A, dengan tugasnya yakni Menerima Pengaduan Konsultasi, Pendampingan, Media si, Pembinaan dan Pemberdayaan.

3. Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat ( PATMB) dengan tugas Pencegahan dan respon cepat,

” Kita tidak lagi mau mengobati akan tetapi melakukan pencegahan”, kata Kisanjaya. Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lingga,

Ketiga lembaga yang ada ini kami berdayakan di Desa, Kelurahan dan kecamatan. Dan hasil diskusi saat ini agar dapat di sampaikan kepada masyarakat.

” jika ini terjadi, sudah ada tempat pengaduan masyarakat terkait kasus anak di desa maupun kelurahan dan kecamatan masing masing di wilayah Kabupaten Lingga”, ujar kisan. ( juhari )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply