Disdukcapil Lingga, Inovasi Pelayanan Pendaftaraan Dokumen Kependudukan

Singkepkini.com – Bupati lingga, H. Alias Welo, meminta kepada Disdukcapil lingga untuk terus-menerus melakukan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Hal ini diungkapkan Kadisdukcapil lingga, Syamsudi diruang kerjanya, senin ( 27/2).

Syamsudi mengatakan, ” salah satu fungsi pelayanan publik yang paling mendasar adalah memberikan hak masyarakat yakni berupa dokumen kependudukan sebagai indetitas diri seperti, KK, KTP-el, Akta dan lainnya”.

Namun karena wilayah kabupaten lingga yang sangat luas dan terdiri dari banyak pulau hal ini menimbulkam banyak kendala tersendiri ” Banyak masyarakat yang terkendala untuk mengurus dokumen kependudukannya, karena lokasi yang jauh dan butuh proses yang lama” katanya.

“Persoalan di atas tersebut bisa terjawab, dengan melakukan pelayanan keliling, turun langsung kedesa-desa, ini merupakan bentuk terobosan atau inovasi pelayanan teknis pelayanan untuk memudahkan masyarakat” ucapnya.

Untuk mempermudah pelayanan pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil, ( KK, KTP-el, dan Akta ) Disdukcapil melakukan terobosan dengan kegiatan jemput bola ke desa-desa, melakukan percetakan dokumen yang tidak terdata, penduduk yang belum merekam KTP-el, belum memiliki Akta kelahiran.

Sementara dalam upaya jemput bola sudah tentu harus didukung dengan perangkat keras dan lunak agar dalam melaksanakannya dapat berjalan dengan baik untuk perangkat lunak seperti ( soft kopy) harus di install dengan aplikasi SIAK, serta pembuatan KK dan Akta serta Aplikasi Bcard untuk merekam KTP-el.

Untuk itu semua Disdukcapil lingga bekerjasama dengan mendatangkan Tenaga Teknisi dari direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, ” sehingga bisa melakukan proses penginputan data perekaman KTP-el, dan percetakan dokumen kependudukan ditempat” ujarnya.

“Itulah bentuk inovasi pelayanan yang dikembangkan dalam pelayanan turun langsung kedesa-desa, database kependudukan yang semangkin akurat dan menyeluruh” terang Syamsudi. ( juhari )

kadisdukcapil, Syamsudi, bersama Sekretarisnya Abd Rani dan Muhamad salah satu kabidnya di dalam ruang kerjanya

kadisdukcapil, Syamsudi, bersama Sekretarisnya Abd Rani dan Muhamad salah satu kabidnya di dalam ruang kerjanya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply