Guru SD Dan Korwil Sekabupaten ingga diberikan pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum

Lingga – sebanyak 82 orang yang terdiri 76 kepala sekolah SD dan 6 orang Korwil se-Kabupaten Lingga mengikuti pelatihan Kegiatan Penyelenggaraan Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter jenjang Sekolah Dasar, guna meningkatnya pemahaman Guru tentang Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter

pelatihan tersebut di gelar
selama tiga hari mulai tanggal 17 Februari s/d 19 Februari 2021 di One Hotel Dabosingkep Kabupaten Lingga.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Lingga Junaidi Adjam, Senin ( 22/2/2021) mengatakan diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimal dan Survei Karakter jenjang Sekolah Dasar Karakter.

Seperti diketahui sesuai laporan pelaksana Berdasarkan hasil penelitian PISA bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa di Indonesia masih rendah, kemampuan membaca masih 70% di bawah kompetensi minimum, kemampuan matematika masih 71% di bawah kompetensi minimum, dan kemampuan Sains masih 60 % di bawah kompetensi minimum.

Siswa Indonesia bagus di dalam pemahaman untuk single text tetapi lemah di dalam memahami multiple text.

Siswa Indonesia umumnya lemah dalam memahami teks yang panjang, menghadapi konsep-konsep yang abstrak dan dalam membedakan fakta dan opini berdasarkan penanda yang implisit.

Siswa Indonesia umumnya lemah dalam memodelkan secara matematika situasi kompleks dan dalam memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah.

Hal tersebut dikarenakan kemampuan pendidik kita di Indonesia masih belum sebaik standar yang diharapkan, sehubungan dengan itu perlu adanya pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter bagi pendidik guna meningkatkan kemampuannya dalam melakukan asesmen terhadap siswa. Terang Junaidi. ( juhari )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply