Masyarakat Tak Gagal, Hasil Panen Padi Di Panggak Darat Sudah Bagus

Lingga – Panen padi hari ini kamis (9/4/2020) di Desa Pangak Darat menghasilkan sebanyak 6, 2 ton gabah disalah satu petak lahan, sebelumnya 2 hari sebelum juga telah memanennya sebanyak, 4,32 ton gabah

Bupati Lingga H Alias Wello mengatakan, sahang kita pernah booming, tapi dipasaran pernah gagal dikarenakan permintaan pasar, sebetulnya hal ini masyarakat tak pernah gagal dan itu sudah bagus, pertanian sudah mulai nampak, sawahpun luar biasa

” Ini merupakan program pemerintah pusat yakni Kementerian yang berhasil di Lingga yakni di Panggak Darat, ini adalah mewakili reprentasi cetak sawah nasional yang ditempatkan di Kabupaten Lingga”. Meskipun perawatannya tradisional dengan alat seadanya, tapi bisa menunjukkan hasil yang luar biasa.

Panen tadi sudah masuk ke rata-rata nasional, sudah luar biasa.

3 tahun lalu desa Panggak Darat ini merupakan daerah yang membeli beras, hari ini Panggak Darat adalah desa swasembada yang merupakan desa mandiri pangan yang mengkonsumsi beras sendiri bahkan sudah menjual beras untuk daerah lain.

Selain menanam padi, masyarakat juga dapat berternak lele, ikan nila serta bebek, sebagai nilai tambah, Kata Alias

Ditempat yang sama, Kepala Desa Panggak Darat Zulmafriza menyampaikan, panen padi ini bukan yang pertama kali, melainkan yang ke 4 kalinya alhamdulillah hari ini ada kenaikan. Dan telah mendapatkan sertifikat halal, bekerjasama dengan Disperindag dan juga Dinas Pertanian Provinsi Kepri.

Dikatakannya, di tahun sebelumnya telah mengalokasikan melalui APBDes sebesar 90 persen, program pertanian khususnya sawah, digunakan untuk pemasangan pipa, pembuatan jembatan dan juga operasional pekerja. Sedangkan untuk tahun ini 200 juta di peruntukan pembangunan jalan, membuka taman wisata plasmanya ada 30 hektar, intinya ada 5 hektar, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)

Sementara Wakil Bupati Lingga, M.Nizar menyampaikan dari hasil panen padi tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang terimbas dari Covid-19

atas kerja ikhlas kita dan hasil keringat kita inilah yang saya berikan untuk masyarakat saya. Ujar M. Nizar. ( Juhari )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply