Stok dan Harga Sembako Jelang Lebaran Stabil

LINGGA (BP) – Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Lingga bersama Bagian Ekonomi, Dinas Kelautan dan Perikanan, Bagian ketahanan pangan Saiful dan Angkatan Darat (AD) meninjau pasar dan gudang penyimpanan bahan sembako jelang lebaran.

Dalam kegiatan kali ini, tim tidak menemukan lonjakan harga di atas ambang kewajaran dan mereka juga tidak menemukan kekosongan atau penimbunan barang pokok jelang lebaran pada tahun ini. Sehingga semua dalam kondisi stabil.

“Harga tidak ada yang melonjak tinggi di atas ambang wajar. Bahkan ada sejumlah barang yang mengalami penurunan seperti telur ayam dan beberapa bahan sembako lainnya,” kata Kasi Usaha Perdaganagn Dalam dan Luar Negeri Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Wira Nanda Pratama saat ditemui di lapangan, Rabu (6/6) pagi.

Dilokasi yang sama, Kabag Ekonomi Badoar Hery menyatakan, sejumlah sembako seperti beras kelas premium misalnya, sekarang dibandrol dengan harga Rp 12 ribu perkilo. Harga ini masih dalam kondisi normal karena hanya mengalami kenaikan Rp 500 saja dibandingkan dengan harga sebelumnya.

Begitu juga dengan harga minyak goreng dan gula pasir masih pada posisi yang sama yakni pada harga Rp 12 ribu perkilo. Tentunya harga tersebut juga masih dalam kondisi stabil dan tidak mengalami kenaikan harga di luar ambang batas.

“Bahkan telur ayam mengalami penurunan harga, walau setiap toko atau kedai menjual dengan harga yang berfariasi,” sambung Badoar Hery.

Menurut tim ini, harga bahan pangan atau bahan pokok sembako di Kabupaten Tanah Bunda Melayu ini masih pada posisi sama dengan harga diluar daerah seperti Batam dan Tanjungpinang. Kedudukan harga bahan pokok hanya terpaut selisih sekitar Rp 5 ribu saja.

Kegiatan serupa telah dilakukan tim gabungan tersebut pada awal Ramadhan tahun ini. Dan kegiatan pemantauan dilakukan setiap tahun untuk mengecek sekaligus mengambil tindakan mengatasi jika terjadi lonjakan harga di luar batas kewajaran.

“Jika ada lonjakan harga kami segera mengambil tindakan untuk melakukan operasi pasar agar menetralisir harga kembali normal,” kata Badoar Hery. (RIO)

Tim mengecek ketersediaan sembako dan kestabilan harga di gudang candi jaya

Tim mengecek ketersediaan sembako dan kestabilan harga di gudang candi jaya

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply