Rakor DPMD Lingga Bahas 3 Agenda Strategis Desa

Lingga – Seluruh Kepala Desa sekabupaten Lingga mengikuti rapat koordinasi yang di gelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD) rapat tersebut membahas 3 agenda berlangsung di ruang rapat kantor Bupati Lingga
Rabu(24/3/2021).

Kepala DPMD Lingga Kabupaten Lingga, Dody Suhendra menyampaikan Kegiatan rapat koordinasi yang dilaksanakan dalam rangka koordinasi membahas isu strategi di desa.

Pertama 1. Terkait pemutahiran data IDM (indeks desa membangun) berbasis SDG’s desa th 2021.

2. Refocussing anggaran DD paling sedikit 8% utk desa siaga covid19 dan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat)

3. Dan terakhir terkait masalah mekanisme penyaluran siltap (penghasilan tetap) Kades, perangkat desa dan BPD th 2021.

“Khusus untuk penyaluran Siltap tahun 2021, Pemkab mengatur perubahan mekanisme penyaluran dari yang semula menggunakan sistem tunai menjadi non-tunai,”ujarnya.

dalam implementasinya sendiri pihaknya bekerjasama dengan pihak Bank Riau Kepri dalam penyaluran.

“Kami berharap mekanisme ini dapat mewujudkan tata kelola keuangan Desa yang lebih baik lagi dengan menyelenggarakan penerimaan dan pengeluaran APBDesa khususnya Siltap dengan tepat, cepat, aman, efisien, transparan dan akuntabel serta mencegah potensi perilaku koruptif dalam pengelolaan keuangan Desa,”terangnya.

Pada kegiatan rakor kami sisipkan penyampaian amanah dari pemerintah melalui menteri desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi RI berupa piagam penghargaan untuk seluruh kepala desa SE kab.lingga atas partisipasi dan peran nya dalam mensukseskan penyaluran BLT dana desa th.2020.

Rakor yang di gelar tersebut selain di hadiri para Kades, kaur keuangan desa SE kab.lingga, juga dihadiri perwakilan dari Bankriaukepri capem Daik dan capem dabo, BPKad, baperlitbang/Bappeda, Tenaga ahli P3MD. Ujar Dody Suhendra ( Juhari )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply